Alisson Becker Jadi Penjaga Gawang Termahal Dunia

Bola24 – Liverpool sukses mendapatkan Alisson Becker dari AS Roma dengan dana transfer mencapai €72,5 juta (Rp1,2 triliun). Dana transfer tersebut membuat penjaga gawang asal Brasil itu menjadi kiper termahal dunia.

Alisson Becker Tercatat Kiper Termahal Saat Ini

Status penjaga gawang termahal dunia pada sebelumnya masih dipegang oleh kiper asal Italia, Gianluigi Buffon, dengan nilai yang mencapai €52,88 juta ketika direkrut Juventus dari Parma di musim 2001/2002.

Alisson sendiri merupakan rekrutan keempat Liverpool setelah The Reds mendatangkan Naby keita, Fabinho, dan Xherdan Shaqiri. Bersama dengan Liverpool Alisson akan mendapat kontrak jangka panjang sampai enam tahun ke depan atau sampai bulan Juni 2024.

Alisson Becker
Allison Resmi Gabung Liverpool

Dalam karier profesionalnya The Reds adalah klub ketiga kiper berusia 25 tahun tersebut. Sebelumnya Alisson terlebih dahulu menjadi pemain Internacional dan AS Roma.

“Alisson bergabung bersama klub Liga Primer Inggris dengan nilai €62,5 juta, nilai transfer paling mahal yang pernah dibayarkan buat seorang kiper,” begitu pernyataan resmi dari AS Roma.

“Perjanjian ini meliputi beberapa klausul terkait kerja, baik dari pemain ataupun klub Inggris (Liverpool), yang dapat memberikan tambahan sampai € 10 juta,” pernyataan tambahan AS Roma.

Kehadiran Alisson diharapkan dapat menutup kelemahan dari The Reds pada posisi penjaga gawang yang sering terjadi di dua musim terakhir ini. Juergen Klopp kerap dipusingkan dengan penampilan Simon Mignolet dan Loris Karius yang tidak konsisten.

Loris Karius yang di musim lalu begitu diharapkan dapat memberikan sebuah prestasi buat Liverpool justru melakukan sebuah blunder dalam laga final Liga Champions 2018 melawan Real Madrid. Keinginan Klopp untuk memenangi trofi pertamanya bersama dengan The Reds pun hilang.

Alisson sendiri juga merupakan penjaga gawang utama tim nasional Brasil di ajang Piala Dunia 2018. Dari lima laga di Piala Dunia Alisson kebobolan tiga gol.

Musim lalu, di AS Roma, Alisson tampil sebanyak 49 laga pada semua turnamen dengat catatan kebobolan 47 gol. Termasuk juga saat membawa AS Roma melaju ke babak semifinal Liga Champions sebelum ditaklukan oleh Liverpool. Kehadiran dari Alisson juga akan membuak pintu keluar untuk Karius dan Mignolet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *