Apakah Kunci Sukses Para Pemain Bintang Sepakbola di Luar Sana?

Kita tentu tahu bagaimana dalam lima tahun terakhir nama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi selalu ramai diperbincangkan di jagat sepakbola dunia. Seolah selama lima tahun belakangan tidak ada yang lebih baik dari mereka. Dan untuk tahun ini nampaknya peta sepakbola dunia sudah sedikit bergeser dengan tidak adanya nama Lionel Messi di tiga Calon Pemain Terbaik Dunia 2018. Dimana kandidatnya adalah masih ada Cristiano Ronaldo, Luka Modric dan Mohammed Salah.

Mengapa bisa sejak tahun 2008 sampai 2017 hanya ada dua nama yang meraih gelar FIFA Ballon d’Or atau Pemain Terbaik Dunia yaitu Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Mereka berdua bisa hebat tentunya karena latihan dan kerja keras. Lalu dimana kedua pemain itu mendapatkan latihan sepakbola yang baik? Tentuya di klub sepakbola yang memiliki kualitas sebagai pencetak para pemain hebat. Dan oleh sebab  itu mari kita bahas 3 dari banyaknya Akademi Sepakbola Terbaik di Dunia.

Yang pertama datang dari Belanda yaitu DEeToekomst, yang merupakan akademi sepakbola terbaik di dunia saat ini yang mampu secara konstan melahirkan para pemain terbaik yang aan menjadi pemain bintang di klub-klub tempat mereka bermain sekarang. Sebut saja dulu ada Patrick Kluivert dan Clarence Seedorf lalu di era milenial ini sudah tidak terhitung banyaknya pemain bintang yang mereka lahirkan diantaranya adalah Daley Blind, Wesley Sneijder, Rafael van der vaart, Jan Vertonghen, Toby Alderweireld dan anak dari Patrick Kluivert yaitu Justin Kluivert yang kini bermain untuk AS Roma.

Dan yang selanjutnya ada La Masia milik Barcelona. Siapakah saat ini yang tidak mengenal Barcelona salah satu tim yang paling sulit dikalahkan di era kepelatihan Pep Guardiola sebelum munculnya Jose Mourinho di Inter Milan yang mampu memutus kesuksesan Pep dan Barca saat itu. Namun tahukan kamu bahwa Lionel Messi, Carles Puyol, Xavi Hernandez dan Andreas Iniesta adalah produk asli dari tim Catalan ini.

Dan yang terakhir kita harus membahas tentang akademi sepakbola terbaik di Portugal yang berada di Kota Lisbon yang merupakan tempat dari Cristiano Ronaldo dan Luis Nani menimba ilmu sebelum akhirnya kedua pemain ini sempat menjadi andalan Manchester United di Liga Primer Inggris. Dan jangan lupa juga dengan Luis Figo yang juga merupakan jebolan dari Akademi Sepakbola Sporting yang pernah meraih  gelar Ballon d’Or.

Itulah sebagian kecil dari Akademi Sepakbola terbaik di dunia yang memang membuktikan jika ingin melahirkan pemain berkualitas maka buatlah akademi yang baik. Ayo PSSI buatlah Akademi Sepakbola yang baik di Indonesia agar kita mampu bersaing dengan Negara lain di Asia bahkan di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *