Catatan Olivier Giroud Di Piala Dunia 2018

Bola24 –  Olivier Giroud, penyerang andalan tim nasional Prancis tidak pernah mencetak gol dan juga tembakan ke arah gawang di sepanjang keikutsertaannya di ajang Piala Dunia kali ini.

Olivier Giroud Dinilai Gagal Di Piala Dunia

Tetapi, hal tersebut sudah cukup untuk membawa tim nasional Prancis menjadi juara di Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Kroasia di babak final yang digelar di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, hari Minggu (15/7/2018).

Dikutip dari Opta, di sepanjang 546 ment permainan pada tujuh pertandingan yang dilakoni oleh Giroud tidak mampu mencetak shot on target dan satu gol pun.

Menurut Whoscored, Giroud bukannya tidak melakukan percobaan untuk mencetak gol. Secara keseluruhan, Giroud telah melakukan 13 tembakan walau tidak ada yang tepat sasaran.

Ketika menghadapai Peru dan juga Denmark di babak grup, Giroud masing-masing mampu membuat 2 dan 3 tembakan. Sementara di laga menghadapi Argentina dan Uruguay pada fase gugur, Giroud masing-masing hanya membuat satu tendangan saja. Yang paling banyak ialah ketika menghadapi Belgia pada babak semifinal dengan 6 tendangan.

Pada laga final Piala Duniua 2018, Giroud sama sekali tidak melakukan percobaan tendangan ke gawang lawan. Giroud mulai dilirik oleh Didier Deschamps, pelatih timnas Prancis, sebagai pemain inti pada pertandingan kedua babak grup. Pada pertandingan pertama melawan Australia, Griezmann, Mbappe, dan Dembele terlihat kesulitan untuk bisa mengkreasikan sebuah peluang dan juga membuka ruang.

Giroud lalu hadir dengan kerja keras dan penampilannya yang tidak egois. Pilihan dari Deschamps terbukti tepat. Pada sepanjang tujuh pertandingan, Giroud telah melepaskan tujuh umpan kunci atau yang menghasilkan peluang. Salah satu contohnya ialah ketika memberikan assist ke Mbappe untuk bisa menjebol gawang timnas Argentina.

Giroud juga sering kali memanfaatkan tinggi tubuhnya (193 cm) untuk memenangkan duel udara dan juga mengumpankannya ke pemain lainnya.

Selain memberikan umpan, Giroud juga begitu berfungsi saat bertahan. Selama ajang Piala Dunia 2018, Giroud telah membuat sembilan tekel, satu intercept untuk menghentikan serangan dari lawan. Dan juga sepuluh kali melakukan clearance.

Dari catatan tersebut, Giroud tidak perlu untuk membuktikan lebih jauh lagi soal kegunaannya untuk timnas Prancis. Keberadaan Giroud mampu membuka ruang untuk Griezman  dan Mbappe untuk masuk ke lini pertahanan lawan, sampai pada akhirnya Prancis mampu menjuarai Piala Dunia 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *