Dibanding Higuain, Roberto Firmino Lebih Cocok di Chelsea

Mantan gelandang Chelsea, Ruud Gullit mengatakan bahwa Roberto Firmino lebih cocok menjadi penyerang Chelsea dibandingkan dengan Gonzalo Higuian.

Seperti diketahui, Chelsea baru saja mendatangkan Gonzalo Higuain pada bursa transfer musim dingin ini. Namun, pembelian tersebut banyak menimbulkan pro dan kontra. Akan tetapi, banyak juga yang mengatakan bahwa pembelian Higuain bakal membuat lini serang Chelsea menjadi sangat tajam. Sebab, sang pemain sudah sangat kenal dengan Maurizio Sarri ketika masih di Napoli.

Termasuk dengan Ruud Gullit yang kontra dengan pembelian tersebut. Dirinya mengatakan bahwa Higuain tidak akan cocok dengan skema yang dimiliki Maurizio Sarri.

“Dia (Higuain) merupakan penyerang lawas yang membutuhkan umpan silang. Apabila dia bermain di depan selama pertandingan, maka dia tidak akan banyak melihat bola, sebab di sana ada Willian dan Eden Hazard bermain,” kata Ruud Gullit keada BBC Sport.

“Mereka berdua selalu masuk di kotak penalti, mereka menggiring bola dan terkadang menembak. Bahkan mereka juga mencoba melakukan banyak hal sendirian,” imbuh Ruud Gullit.

Sementara itu, dirinya mengatakan bahwa Chelsea membutuhkan penyerang yang tidak hanya diam di lini depan saja. Menurutnya, penyerang yang cocok dengan skema Maurizio Sarri ialah penyerang yang turun ke bawah.

Kemudian dirinya menyebuty nama penyerang Liverpool, Roberto Firmino. Memang sang pemain ini tidak terus berdiam diri di lini depan, bahkan dirinya kerap turun ke lapangan tengah hingga menjadi di lini pertahanan.

“Sehingga mereka tidak butuh penyerang yang merupakan target man, sebab Chelsea saat ini tidak menggunakan skema dan pemain seperti itu. Di bawah arahan Sarri, mereka tidak pernah melakukan hal itu.”

“Namun, mereka butuh penyerang yang bisa juga turun ke lini tengah. Penyerang seharusnya yang dimiliki Chelsea ialah penyerang yang efektif, bisa bertahan, dan menjadi finisher di kotak penalti. Roberto Firmino merupakan contih sempurna, dalam pertandingan ia sangat kerap turun dan membantu pertahanan,” jelas Ruud Gullit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *