Dikarenakan Juventus, Gaetano Micciche Akan Dipekecil Menjadi 18 Tim

Presiden Serie A Italia, Gaetano Micciche hingga saat ini terus berpikir agar kompetisi di negara Italia menjadi lebih menarik dan lebih kompetitif. Salah satu cara agar membuat kompetisi lebih menari, yakni pengurangan peserta dari 20 tim jadi 18 tim.

Rencana tersebut muncul dikarenakan Juventus yang terlalu mendominasi Serie A. Mereka sudah meraih kemenangan dalam tujuh tahun terakhir. Terakhir kali, ada tim lain yang menjadi juara selain Juventus ialah AC Milan pada tahun 2010/2011.

“Banyak sekali orang yang tertarik dengan Liga Champions dan Liga Eropa, sebab sangat banyak tim yang bersaing. Persaingan tersebut mendatangkan ketertarikan dari para penikmat sepakbola dan pengamat. Kemudian ketertarikan  macam apa yang akan datang apabila hanya didominasi satu tim saja,” ujar Gaetano Micciche yang dilansir dari Football Italia.

“Semua liga di Eropa hampir semuannya diikuti oleh 20 tim, kecuali Bundeliga Jerman. Kemudian dengan Dewan Federal menyetujui inisiatif yang memangku kepentikan di Serie A untuk mengambil keputusan. Apabila memungkinkan, maka peserta yang semula 20 akan menjadi 18 tim,” imbuh Gaetano Micciche.

Kemudian Gaetano Micciche mengatakan bahwa dirinya akan membawa usulan itu pada forum keputusan terbaik. Dirinya sangat berharap agar Federasi Sepakbola Italia (FIGC) bisa memberikan sebuah keleluasaan bagi operator liga supaya bisa menentukan format kompetisi di kemudian hari.

“Kami bakal membuat sebuah keputusan pada forum, ketika kami mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan keputusan itu.  Namun, hal itu bagus dari FIGC membiarkan keleluasaan liga agar bisa memutuskan sendiri format apa yang paling cocok digunakan,” jelas Gaetano Micciche.

Semenatra itu, sebelumnya Serie A pernah diikuti oleh 16 tim, yakni pada periode 1967 sampai 1998. Lalu jumlah itu bertambah menjadi 18 tim, hingga kini menjadi 20 klub sejak tahun 2004/2005.

Sebenarnya rencana dalam pengurangan tim di Serie A bukan menjadi hal baru. Seba sebelumnya, ketika Maurizio Beretta semasa masih menjabat sebagai presiden Serie A, lima tahun lalu juga sempat mengusulkan hal yang sama. Akan tetapi, rencana tersebut pada akhirnya hanya menjadi angin yang berlalu saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *