FA Beri Dakwaan Pada Jurgen Klopp

Federasi Sepabola Inggris atau FA beberapa waktu lalu dikabarkan telah mengajukan dakwaan kepada manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Hal tersebut dikarenakan komentarnya yang mempertanyakan kinerja wasit setelah kontra West Ham awal Februari lalu.

Seperti diketahui, ketika itu Liverpool hanya bermain imbang dengan 1-1 di markas West Ham, London Stadium. Pada pertandingan tersebut Liverpool unggul lebih dahulu melalui Sadio Mane. Namun, tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan melalui Michail Antonio.

Kemudian gol yang dicetak oleh Sadio Mane tersebut mengundang kontrovesi. Sebab, James Milner yang menjadi mencetak assist, terlihat sudah berada pada posisi offside. James Milner mendapat umpan dari Adam Lallana ke sisi kanan lapangan.

Setelah pertandingan, Jurgen Klopp melakukan wawancara dengan Sky Sports. Ketika itu dirinya mengatakan bahwa keputusan wasit Kevin Friend dalam mengesahkan gol Sadio Mane berimbas pada kinerjanya. Salah satunya dalam mengambil keputusan di babak kedua.

“Kami mempunyai sebuah pertandingan yang bagus, melakukan serangan dan kemudian mencetak gol. Namun saat ini, saya diberitahu bahwa gol itu adalah offside. Hal tersebut sedikit menjelaskan saya pada babak kedua, sebab saya rasa wasit mengetahui gol tersebut ketika babak pertama berakhir,” kata Jurgen Klopp pada Sky Sports.

“Sudah pasti dia baru menyadarinya saat turun minum, setelah itu kalian lihat sendiri terdapat sangat banyak situasi aneh. Mereka malah semakin tidak tegas. Hal itu sama sekali tidak membantu kami sama sekali. Apabila saya melakukan sebuah kesalahan pada babak pertama, saya sebagai manusia pasti tidak mau melakukan kesalahan lebih banyak lagi, termasuk pada babak kedua,” imbuh Jurgen Klopp.

Sementara itu, pihak FA menyebut komentar Klopp tersebut dinilai sebauah hal yang mempertanyakan integritas wasit. Sebab hal tersebut memang sudah sangat terlarang, sebagaimana disebutkan dalam peraturan FA E3.

“Diduga bahwa komentar yang dia (Jurgen Klopp) ketika wawancara setelah pertandingan Liverpool melawan West Hal pada 4 Februari 2019 melanggar aturan E3(1). Sebab dia seakan mempertanyakan integritas dari wasit pada pertandingan dan,” tulis pernyataan resmi FA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *