Generasi Emas Timnas Belgia Tersingkir Di Piala Dunia 2018

Bola24 –  Timnas Belgia tersingkir dari ajang Piala Dunia 2018 Rusia setelah dikalahkan Prancis. Mempunyai generasi emas ternyata bukan modal yang cukup buat menjuarai Piala Dunia.

Belgia kalah 0-1 dari Prancis di babak semifinal Piala Dunia 2018. Gawang Thibaut Courtois mampu dibobol oleh Samuel Umtiti, pada laga yang digelar di Saint Petersburg, hari Rabu (11/7) dini hari WIB.

Timnas Belgia Tunduk Dihadapan Prancis

Hasil kekalahan tersebut telah menghentikan keinginan Belgia yang disebut-sebut mempunyai generasi emas, untuk menjadi juara dunia pada Piala Dunia 2018 Rusia. Sebutan generasi emas sendiri mulai muncul sejak tahun 2016. Di atas kertas, tim nasional Belgia menjadi tim dengan posisi paling baik pada babak perempatfinal, dengan ada pada posisi ke-3 dunia. Untuk posisi ke-1 FIFA ditempati oleh Jerman dan juga Brasil.

Belgia memang mempunyai para pemain top. Sepuluh pemain dari starting XI Belgia diisi oelh para pemain Liga Inggris. Hanya Axel Witsel saja yang bermain di liga lain (bermain di Tianjin Quanjian).

Di starter Belgia diisi oleh Romelu Lukaku (penyerang milik Manchester United), Eden Hazard (pemain terbaik klub Chelsea selama tiga musim berturut-turut), dan juga Kevin De Bruyne (salah satu pemain kunci Manchester City).

Sementara pada lini belakang Belgia diisi oleh duet Jan Vertonghen dan Toby Alderweireld, yang kemudian disokong oleh para pemain yang memiliki banyak pengalaman, yakni Vincent Kompany. Pada posisi penjaga gawang, Belgia memiliki nama Thibaut Courtois (penjaga gawang Chelsea).

Kegagalan mencapai babak final tersebut membuat generasi emas tim nasional Belgia masih belum bisa mendapatkan trofi. Pada ajang Piala Eropa tahun 2016 yang lalu, Belgia tersingkir di perempatfinal usai kalah dari Wales 1-3.

Kekalahan Belgia dari Prancis tersebut juga harus menghentikan rekor selalu menang di ajang Piala Dunia 2018. Belgia mampu melaju ke semifinal dengan berhasil mengalahkan Tunisia, Panama, Inggris, Jepang, dan juga salah satu tim unggulan di Piala Dunia kali ini, Brasil. Hasil kekalahan itu juga menjadi yang pertama kalinya sejak bulan September tahun 2016.

Namun setidaknya, raihan di Piala Dunia 2018 kali ini, yang mamapu mencapai semifinal, telah menjadi sebuah perolehan paling bagus usai tahun 2000-an. Sampai babak 16 besar pada tahun 2002, lalu dua ajang selanjutnya Belgia tidak mampu lolos dari babak kualifikasi (tahun 2006 dan 2010), berikutnya mereka berhasil mencapai babak perempatfinal di tahun 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *