Hitung Mundur Menuju Piala Dunia 2018 Rusia: Satu Tahun Lagi

Sekitar setahun dari hari ini, atau tepatnya tanggal 14 Juni 2018, akan menjadi peristiwa bersejarah kembali bagi dunia sepak bola. Kenapa? Karena tepaat hari tersebut, akan diadakan event akbar empat tahun sekali yaitu Piala Dunia 2018 yang mana pertama kali akan dibuka di Stadion Luzhniki di Moskow.

Sepertinya baru kemarin saja terjadi bagaimana Piala Dunia 2014 menyisakan begitu banyak kenangan berkesan. Masih ingatkah kamu ketika tim nasional Brasil menangisi kekalahan memalukan mereka melawan Jerman, lalu bagaimana Tim Howard asal Amerika menciptakan rekor dunia sebagai kiper yang melakukan penyelamatan terbanyak sebanyak 16 kali saat melawan Belgia, hingga James Rodriguez dan rekan setimnya di Kolombia menggoyangkan pinggul mereka untuk menyenangkan para penggemarnya di seluruh dunia.

Dan semua itu tinggal kenangan, dan sekarang sudah saatnya untuk bersiap memfokuskan perhatian ke negara Rusia, sebuah negara yang situasi politiknya sering disorot media akhir-akhir ini.

Seperti biasa, setahun sebelum Piala Dunia, biasanya ada dari kamu yang pasti bertanya tentang kesiapan tuan rumah dan lain sebagainya. Beberapa dari pertanyaan tersebut akan terjawab dalam beberapa minggu mendatang, saat Piala Konfederasi delapan negara – sebuah tes Piala Dunia – berlangsung sejak 17 Juni lalu.

Juara Eropa, timnas Portugal yang dibintangi Cristiano Ronaldo, berakhir dengan skor 2-2 melawan juara CONCACAF, timnas Mexico pada hari Minggu lalu; Sementara pemenang Piala Afrika, kesebelasan negara Kamerun kalah dengan hasil akhir 0-2 kontra pemenang Copa America Chile pada pertandingan sehari setelahnya. Sedangkan empat tim lainnya yang turut bertanding adalah juara bertahan Piala Dunia Jerman, pemenang Piala Asia Australia, tuan rumah Piala Dunia Rusia dan juara Oceania Cup timnas Selandia Baru.

Piala Konfederasi tidak memiliki kaitan dengan kualifikasi Piala Dunia, namun kita sebagai penggemar sepak bola dapat mengintip bagaimana performa beberapa tim papan atas dan memperhaitkan bagaimana Rusia menguji infrastruktur turnamennya. Salah satu kekhawatiran terbesar tentang Piala Dunia Rusia kali ini adalah adalah hooliganisme, apalagi setelah terjadinya kekerasan antara penggemar Rusia dan Inggris musim panas lalu di Kejuaraan Euro di Prancis.

Sekedar informasi buat kamu, tiga dari 32 tim di Piala Dunia Rusia sudah berhasil lolos. Tuan rumah Rusia otomatis lolos. Sementara kesebelasan Brasil dan Iran juga telah mengamankan posisi mereka. Selama enam bulan ke depan, 29 tim lainnya akan bertarung memperebutkan posisi mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *