Kalah Dari Portugal, Kembali Italia Mengulang Sejarah Yang Pernah Terjadi Sebelumnya

Sejarah baru tercipta untuk Timnas Italia saat laga UEFA Nations League melawan Portugal di Lisabon pada 11 September yang lalu. Namun bukan sejarah positif atau negatif melainkan sejarah baru dalam hal formasi pemain yang diturunkan oleh pelatih Italia saat ini yaitu Roberto Mancini, dimana tidak ada satu pun pemain Juventus di Starting Eleven yang diturunkan oleh mantan pelatih Internazionale tersebut.

Dan laga Nations League melawan Portugal di Lisabon itu pun menjadi cerita menyedihkan untuk Italia di akhir laga dimana Ciro Immobile dan kawan-kawan harus takluk 0-1 dan mengulang sejarah lama yaitu tidak mampu meraih kemenangan di laga kompetitif dalam satu tahun kalender resmi. Mancini pada laga melawan Portugal melakukan eksperimen berani dengan mengganti 9 pemain dari 11 pemain yang bermain lawan Polandia sebelum laga melawan Portugal ini juga dalam UEFA Nations League.

Ada banyak perwakilan dari para pemain Italia yang  bermain di AC Milan, AS Roma, Torino, Lazio, Fiorentina, SPAL, Genoa dan Chelsea. Dengan formasi 4-4-2, di bawah mistar, Mancini menurunkan Donnarumma lalu di lini belakang ada Criscito, Lazzari, Caldara dan Romagnoli. Di lini tengah Mancini mempercayakan permainan Italia pada Jorginho, Chiesa, Cristante dan Bonaventura.

Di lini depan ada duet Immobile dan Simone Zaza yang sayangnya gagal mencetak gol di laga ini. Tiga pemain pengganti yang masuk adalah Berardi, Emerson dan Belotti. Dari catatan itu terlihat tidak ada satu pun nama pemain Juventus yang diturunkan oleh Roberto Mancini. Hal seperti ini sebenarnya pernah terjadi pula pada Piala Dunia 1998 di Perancis dimana saat itu Italia menang 3-0 atas Kamerun, tidak ada satu pun pemain Juventus yang bermain di laga ini.

Namun yang sangat unik adalah sebenarnya ada satu pemain Juventus yang diturunkan pada laga ini bahkan menjadi starter dan ia berasal dari Portugal yaitu Joao Cancelo. Italia saat ini memang sedang dalam masa transisi setelah sepeninggalan Gianluigi Buffon. Selanjutnya Chiellini dan Bonucci nampaknya harus memberikan tempat mereka untuk para pemain muda Italia saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *