Kartu Kuning Akan Diberi Pada Pemain Yang Meminta VAR

Roberto Rosetti selaku Kepala Wasit UEFA belakangan ini memiliki rencana baru terkait dengan aturan dalam penggunaan teknologi VAR (Video Assistant Referre). Rencana tersebut ialah para pemain yang menunjukkan getur ingin meminta teknologi tersebut akan diberikan peringatan atau kartu kuning.

Seperti diketahui, teknologi VAR sendiri sudah menjalar di berbagai kompetisi di seluruh dunia. Terlebih lagi, dalam beberapa ajang ternama, seperti Serie A dan bahkan Piala Dunia, juga sudah menggunakan teknologi baru dalam dunia sepak bola.

Akan tetapi dalam keberlangsungan penggunaan VAR, Roberto Rosetti melihat masih terdapat banyak kekurangan. Salah satunya adalah mmebuat para pemain malah bersikap manja. Menurutnya, apabila ada insiden dilapangan sekecil apapun, pemain akan meminta teknologi tersebut.

Kemudian Roberto Rosetti menunjukkan gamabaran seperti itu melalui bek Timnas Inggris, Harry Maguire. Sang pemain tampak membuat gestur layar televisi dengan tangannya sebagai isyarat agar wasit melihat teknologi VAR. Hal tersebut terjadi pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 yang berhadapan dengan Kolombia.

“Siapa pun, pemain mana pun yang menujukkan getur televisi harus diberi peringatan. Kemudian, apabila mereka mengelilingi wasit, maka harus ada intervesi disipliner. Kami sangat ingin ada dalam situasi seperti itu,” ujar Roberto Rosetti yang dikutip dari Sky Sports.

Sementara itu, UEFA sendiri juga tidak ingin bahwa teknologi VAR sering digunakan dalam pertandingan. Sebab, seringnya menggunakan teknologi tersebut malah dinilai bisa mengganggu jalannya sebuah pertandingan. Bahkan, sudah ada yang menyebut bahwa penggunakan teknologi tersebut membuat citarasa sepak bola hilang.

“Namun, kami sendiri tidak ingin menghancurkan semangat sepakbola, salah satunya dengan penggunaan sebanyak tiga atau empat kali dalam setiap pertandingan. Sehingga harus ada gambar yang jelas pada kejadian yang jelas,” imbuh Roberto Rosetti.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *