Ki Jana Hoever, Bocah 16 Tahun Yang Ramai Dibicarakan Saat Ini

Pada pertandingan babak ketiga Piala FA 2018/2019, Liverpool menelan kekalahan dari Wolverhampton Wanderes dengan skor 2-1. Pertandingan yang dilaksanakan di markas Wolverhampton tersebut, Molineux Stadium, terdapat sebuah hal yang snagat menarik.

Pertandingan yang baru berjalan pada menit keenam, Jurgen Klopp memutuskan untuk menarik keluar Dejan Lovren yang tengah mengalami cedera. Lalu dirinya memasukkan Ki Jana Hoever untuk menggantikan Lovren. Kemudian keputusan yang diambil Jurgen Klopp tersebut sepertinya nampak sangat biasa saja. Namun, ketika itu tidak ada yang tahu bahwa pemain yang diturunkannya tersebut merupakan pemain yang baru berusia 16 tahun, 11 bulan dan 20 hari.

Setelah pertandingan usai, Jurgen Klopp mengaku bahwa pemain yang diturunkannya tersebut adalah pemain berusia 16 tahun. Sontak hal tersebut membuatnya diserang banyak pertanyaan, mengapa dirinya berani menurunkan pemain yang usiannya masih sangat muda pada pertandingan tersebut. Namun, ternyata terkait dengan hal tersebut Jurgen Klopp memiliki alasan tersendiri.

“Saya tidak begitu yakin dengan apa yang anda semua katakan, apabila kami berada pada posisi bersama dengan Fabinho dan Ki Jana (Hoever). Bahkan beberapa orang mungkin berkata kepada saya, bahwa saya tidak menghormati kompetisi atau apa. Sehingga, kami ketika itu mencoba melakukan apa yang kami bisa,” kata Jurgen Klopp yang dikutip dari Goal.

“Sudah pasti, di sisi lain terdapat sebuah hal yang tidak masuk akal ketika membawa pemain berusia 16 tahun sejak awal pertandingan. Memang seharusnya anda tidak membawanya, anda harus menunggu hingga dia benar-benar siap. Namun, dia sudah melakukannya dengan baik. Ya memang begitu, kadang-kadang pemain seperti itu sangat dibutuhkan, itu hanya tentang baik dan tidak baik saja. Dia melaukannya dengan, sehingga semuanya itu tentang baik-baik saja,” jelas Jurgen Klopp.

Sementara itu, Ki Jana Hoever tercatat sebagai pemain paling muda dalam sejarah Liverpool yang bertanding pada Piala FA.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *