Krisis Ekonomi Global Berpengaruh Juga Kepada Bursa Transfer Musim Panas Lalu di Sepakbola

Krisis Ekonomi Global yang terjadi belakangan ini ternyata juga mempengaruhi bursa transfer sepakbola  di musim panas yang lalu. Kita bisa lihat dimana banyak tim besar yang biasanya diketahui memiliki banyak uang namun pada bursa transfer  musim panas lalu tidak melakukan banyak transfer pemain seperti yang biasanya mereka lakukan. Namun apakah benar para tim kaya raya itu bersikap pasif di bursa musim panas lalu karena krisis ekonomi global atau karena ada hal lainnya.

Pembahasan mari kita mulai dari Real Madrid salah satu tim terkaya di dunia yang pada bursa transfer musim panas lalu tercatat hanya melakukan pembelian pemain yang termahal dalam diri Thubaut Courtois dimana nilai transfernya adalah hanya 35 juta euro saja. Walau memang ada pemain lain yang sedikit lebih mahal yaitu Vinicius Junior dan Alvaro Odriozola yanng bernilai 45 dan 40 juta euro. Namun bisa dibilang ini seperti bukan Real Madrid yang biasanya yang suka membuat transfer besar bahkan menjadi rekor pemain termahal dunia bagi seorang pemain sepakbola. Yang mengherankan padahal Real Madrid juga telah menjual Cristiano Ronaldo ke Juventus dengan harga 100 juta Euro dan uang itu seharusnya bisa digunakan untuk mendapatkan pemain bintang lagi.

Lalu ada PSG alias Paris Saint Germain yang tidak banyak melakukan pembelian pemain mahal mungkin karena aturan Financial Fairplay yang siap untuk menghukun PSG jika melakukan hal bodoh itu. FIFA memang memberlakukan sistem Financial Fairplay agar tidak ada tim yang seenaknya mengeluarkan uang untuk membeli pemain dengan harga yang tidak masuk akal tanpa melihat neraca keuangan klub mereka sebelumnya.

Hal yang sama juga berlaku bagi Manchester City yang juga sebenarnya memiliki banyak ang untuk membeli pemain yang mereka inginkan namun tidak bisa karena aturan Financial Fairplay tersebut. Mungkin jika tidak ada aturan financial fairplay dan krisis ekonomi global ada kemungkina Neymar akan pindah ke Real Madrid atau Cristiano Ronaldo yang dibajak oleh PSG ataupun Manchester City.

Namun yang pasti kita tahu dari Krisis Ekonomi Global ini memang banyak menyerang negara di Benua Eropa dan Amerika. Ini terlihat dari aktivitas transfer dilakukan oleh tim Eropa yang sahamnya justru dikuasai oleh Perusahaan dari Asia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *