Lionel Messi Tak Masuk Tiga Besar Daftar Calon Pemain Terbaik Eropa 2018

Bola24 – Pemain bintang milik Barcelona, Lionel Messi, tak ada pada daftar calon Pemain Terbaik Eropa 2018. Ketiga pemain yang lebih difavoritkan oleh pihak FIFA guna memperoleh penghargaan pada tahun ini ialah: Cristiano Ronaldo, Luka Modric, dan juga pemain Liverpool M. Salah.

Tersingkirnya Lionel Messi dari susunan calon Pemain Terbaik Eropa tersebut sesungguhnya bukan menjadi sebuah hal yang mengejutkan. Sejak penghargaan ini dibuat pada tahun 2011, Lionel Messi telah dua kali tidak masuk di dalam tiga besar.

Lionel Messi
Lionel Messi tak ada pada daftar calon Pemain Terbaik Eropa 2018.

Lionel Messi sendiri pertama kali absen dari penghargaan ini terjadi pada musim 2013/14. Ketika itu tiga calon pemain trebaik Eropa dihuni oleh Cristiano Ronaldo, penjaga gawang Manuel Neuer, dan juga Arjen Robben. Dan saat itu CR7 lah yang terpilih menjadi pemenang dengan mendapat 27 suara.

Dua musim selanjutnya, pemain asal Argentina tersebut lagi-lagi tak masuk ke dalam persaingan guna menjadi pemain terbaik usai hanya menempati posisi lima di klasemen akhir pemungutan suara. Tiga nama pemain yang difavoritkan ialah Cristiano Ronaldo, Antoine Griezmann, dan juga Gareth Bale. Dengan Cristiano Ronaldo yang kembali menjadi pemenangnya.

Untuk penghargaan Pemain Terbaik Eropa 2018 sendiri (yang penilaianya diambil pada musim kompetisi 2017/18), nama Lionel Messi hanya mampu menduduki posisi kelima saja dengan perolehan 55 suara tepat di bawah Antoine Griezmann (yang mendapatkan 72 suara).

Ppadahal pada musim kemarin Lionel Messi berhasil mengantarkan Barcelona meraih dua gelar (Liga Spanyol dan Copa Del Rey). Cukup ironis jika dibandingkan dengan pemain Liverpool, M. Salah, yang tidak mampu memperoleh gelar di kompetisi musim lalu.

Di dalam delapan kali penyelenggaraan Pemain Terbaik Eropa sejak tahun 2011, Lionel Messi tercatat sudah dua kali keluar menjadi pemenang. Di musim 2010/11 Messi sukses mengalahkan Xavi Hernandez (mantan rekan satu tim Messi di Barcelona), dan CR7. Sedangkan ketika pada musim 2014/15 Messi berhasil menjadi yang terbaik dengan mengalahkan Luis Suarez dan juga Cristiano Ronaldo.

Pada musim 2018 ini, pengumuman Pemain Terbaik Eropa akan dilaksanakan tanggal 30 Agustus (ketika pengundian grup UCL 2018/19) di Monako.

Pemilihan pemian terbaik ini pun dilakukan oleh 80 pelatih di tim yang ikut berpartisipasi dalam babak grup UCL dan juga Liga Europa musim kompetisi 2017/18. Ditambah dengan 55 jurnalis yang telah dipilih oleh grup Media Olahraga Eropa yang mewakili masing-masing anggota asosiasi UEFA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *