Mantan Pelatih The Gunners Akan Latih Timnas Jepang

Bola24 – Arsene Wenger, mantan pelatih The Gunners (julukan Arsenal), dikabarkan menjadi kandidat utama untuk melatih Timnas Jepang menggantikan Akira Nishino. Dilansir dari Mirror, The Professor dikabarkan menjadi pilihan terkuat buat melatih tim berjuluk Samurai Biru tersebut. Apalagi saat ini masih belum muncul nama kandidat lainnya.

Sejak meninggalkan The Gunners, pelatih asal Prancis itu sempat dikait-kaitkan akan melatih raksasa Spanyol, Real Madrid dan juga PSG (Paris Saint-Germain). Tetapi, tidak satupun dari berita itu yang menjadi kenyataan.

Selain hal itu, beberapa klub asal China juga dikabarkan sangat tertarik untuk mendatangkan pria berusia 68 tahun tersebut. Alih-alih mencapai kesepakatan, Arsene Wenger dilaporkan telah menolak sebuah penawaran yang bernilai £30 juta (Rp568 juta).

Saat ini, The Professor sedang dirayu oleh Asosiasi Sepak bola negara Jepang. Muncul kabar jika Wenger menjadi pelatih yang sangat dihormati di Jepang. Bekerja di negeri Sakura bukan menjadi hal yang baru untuk Wenger. Dirinya sempat melatih klub Nagoya Grampus Eight (1995-1996), kemudian Wenger pindah untuk melatih klub Arsenal dan menjadi pelatih tim asal Inggris tersebut selama 22 tahun (1996-2018).

The Gunners
The Gunners

Sebelumnya, tim nasional Jepang dilatih oleh Akira Nishino. Nishino sendiri juga pernah menangai Nagoya Grampus di tahun 2014-2015 dan berhasil membawa Shinji Kagawa dan rekan-rekannya melaju sampai babak 16 besar di Piala Dunia 2018. Laju timnas Jepang harus terhenti usai mereka dikalahkan Belgia dengan skoar 2-3.

Penampilan tim nasional Jepang saat menghadapi Belgia sebenarnya tidak jelek. Bahkan Jepang mampu unggul terlebih dahulu dengan skor 2-0 lewat gol yang dicetak oleh Genki Haraguchi dan Takashi Inui, sebelum Belgia berhasil membalas tiga gol melalui Vertonghen, Marouane Fellaini, dan Chadli.

Walau begitu, JFA (Federasi Sepak bola Jepang) dikabarkan tak lagi memperpanjang kontrak dari pelatihnya. Setiba dari Rusia di tanggal 5 Juli 2018, Kozo Tashima, Presiden Federasi Sepak bola Jepang mengumumkan hal itu di konferensi pers.

“Kami tak akan membujuk (Akira) Nishino buat tetap di pekerjaan ini, sebab waktu kerja dia sebagai menajer telah habis,” kata Kozo Tashima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *