Mohamed Salah Jadi Korban Rasis

Beberapa waktu lalu, pemain andalan Liverpool, Mohamed Salah nendapat serangan rasis ketika bertandang ke markas West Ham United. Kemudian saat ini pelaku rasis tersebut tengah ditelurusuri oleh pihak klub dan kepolisian setempat.

Seperti diketahui, pada pekan ke 25 Premier League Liverpool bertamu ke markas West Ham United di Olimpiade London Stadium, Selasa (05/02/2019). Pertandingan tersebut berakhir dengan skor imbang 1-1. Sadio Mane membuka keunggulan Liverpool pada menit 22. Namun pada mentit 28 West Ham United berhasil menyamakan kedudukan melalui Antonio.

Pada pertandingan tersebut, terdengar kabar bahwa terdapat sebuah perlakukan rasis yang menuju Mohamed Salah. Berdasar laporan dari BBC, sang pemain mendapat serangan rasis tersebut ketika dirinya tengah mengambil sepakan pojok. Sang pemain mendapat serangan rasis atau hinaan terkait dengan agama yang dianutnya.

Kemudian serangan rasis yang tertuju pada pemain asal Mesir tersebut terekam dalam sebuah video yang diambil oleh sesama penggemar West Ham United.

Sementara itu, pihak manajemen klub yang mendengar perlakuan tersebut langsung bereaksi dan segera penyelidikan agar memastikan pelakunya. Bahkan mereka sendiri juga sudah melaporkan hal ini kepada pihak kepolisian setempat.

Mereka berharap, agar pelaku yang melakukan rasis mendapat hukuman. Mereka menyatakan siap menghadapi aksi seperti itu.

“Kami merupakan sebuah klub sepakbola inklusif. Siapapun yang melakukan serangan (rasis), maka kami tidak akan segan untuk melaporkan identitasnya ke polisi. Kami berharap pelaku mendapat hukuman seumur hidup tidak boleh masuk stadion. Memang tidak ada tempat bagi mereke seperti itu di stadion,” tulis pernyataan West Ham United.

“Kami merasa sangat puas pada manajemen West Ham yang berhasil menunjukkan determinasinya dalam mencari atau mengidentifikasi supporter dan melakukan tindakan tegas. Aksi seperti itu tidak bisa diterima, dan memang harus dihadapi dengan tegas,” tulis pernyataan organisasi anti deskriminasi Kick it Out.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *