Para Pendukung Asian Games 2018 Mendapat Apresiasi dari Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melangsungkan sebuah acara untuk semua Pendukung Kesuksesan Penyelenggaraan Asian Games ke-18 yang berlangsung di Gedung Auditorium Kementerian PUPR | Jakarta pada hari Senin (10/9/2018). Acara ini dilakukan atas wujud apresiasi untuk keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah atas Asian Games 2018 yang dilaksanakan di Jakarta, Palembang serta Jawa Barat.

Tujuan lainnya dari acara tersebut adalah memberikan sebuah pengakuan melalui piagam penghargaan untuk beberapa perusahaan konstruksi serta non-konstruksi, institusi, asosiasi dan juga sejumlah intan yang ikut serta dalam menyediakan beberapa sarana maupun prasarana sekaligus infrastuktur atas kesuksesan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Basuki Hadimuljono sebagai Menteri PUPR yang ikut serta dalam acara ini juga menjelaskan bahwa kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah untuk Asian Games 2018 dilandasi atas 3 hal utama. Pertama bahwa Indonesia berhasil menyambut semua peserta dari seluruh negara Asia sangat baik dan hangat.

“Selain itu, landasan kedua adalah tidak disangka jika Indonesia hanya memiliki waktu sekitar 18 bulan untuk persiapan Asian Games 2018. Namun, waktu yang sebenarnya adalah 4 tahun supaya acara itu dapat berjalan dengan matang, sedangkan lonjakan ini harus dibuat sedemikian rupa agar bisa lebih baik,” tutur Basuki yang hadir di Gedung Kementerian PUPR | Jakarta.

Ketiga, keberhasilan tersebut rupanya tidak lepas atas dukungan semua ketersediaan sarana dan prasarana, sedangkan hasil catatannya adalah sekitar 79 venue serta non-venue pertandingan yang terdiri dari 27 venue melalui Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Sumatera Selatan, 19 venue dari INASGOC serta 33 venue dirancang Kementerian PUPR.

Kemudian, Syarif Marga sebagai Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR menjelaskan bahwa pemberian piagam apresiasi dan penganungerahan tersebut didasari atas ide Wakil Presiden Republik Indonesia, yakni Jusuf Kalla yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC).

“Acara ini bermula atas pidato singkat dari Presiden Indonesia, sedangkan pak menteri menilai bahwa kesuksesan Asian Games 2018 tidak hanya melalui Kementerian PUPR semata namun juga didasari keterlibatan beberapa tim yang cukup kuat,” ujar Syarif.

Tak hanya itu, dari 100 piagam yang tersedia bahwa 8 dari keseluruhan diberikan untuk perusahaan non-kontruksi pendukung, 8 untuk pihak asosiasi dan institusi, 41 untuk konsultan dan 43 untuk pelaksana pekerjaan konstruksi.

Menteri Basuki juga memberikan 61 piagam penghargaan sebanyak 14 buah untuk kepala satuan kerja Kementerian PUPR, 18 untuk Tim Pelaksana Satgas Infrastruktur atas Asian Games 2018, 10 untuk arsitek perencanaan perorangan dan prinsipal serta 20 untuk pejabat perancangan komitmen Kementerian PUPR yang mana semua penghargaan tersebut berjumlah 162 kepada semua kalangan yang terlibat dalam keberhasilan pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *