Para Relawan Mancanegara Gemparkan Asian Para Games 2018

Asian Para Games 2018 akan mendatangkan beberapa relawan dari negara lainnya, sedangkan jumlah keseluruhan dari para sukarelawan yang dilibatkan dalam acara olahraga tingkat Asia ini kurang lebih sebanyak 7.048 kandidat.

“Mereka (volunteer) diketahui adalah mengikuti pelatihan khusus pada hari Kamis (20/9/2018). Akan tetapi, beberapa keringanan yang diinginkan sebagian besae dari mereka hanya berlaku untuk divisi tertentu karena masih banyak yang harus menyelesaikan masalah lainnya seperti visa dsb,” tutur Rezza Bramadita sebagai Wakil Direktur Legal INAPGOC yang dikutip melalui website resmi Asian Para Games 2018 beberapa waktu lalu.

Para relawan yang dilibatkan bukan hanya berasal dari beberapa negara di kawasan Asia saja. Namun, sebagian besar dari Inggris dan Austria juga ikut serta untuk menjadi bagian penting dalam pelaksanaan Asian Para Games 2018 yang akan segera berlangsung di Jakarta.

INAPGOC sebagai Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 sudah mengusung rencana untuk semua relawan asing yang terlibat. INAPGOC juga memberlakukan sistem seleksi bagi mereka yang ingin ambil bagian sebagai relawan untuk Asian Para Games 2018.

“Apabila dijumlahkan bahwa yang mendaftarkan diri sebagai relawan tercatat kurang lebih sebanyak 18.000 orang. Kami secara langsung wajib melakukan seleksi hingga tahap akhir dengan jumlah relawan yang dibutuhkan sejak awal hingga akhir,” ujar Ferry Kono sebagai Wakil Sekretaris Jenderal INAPGOC.

Relawan yang mengikuti sesi pelatihan mendapat beberapa materi tertentu dan terdiri dari komunikasi untuk para difabel, sosialisasi dengan orang lain, komunikasi, solusi untuk menyelesaikan setiap masalah, etika bekerja hingga segi kepemimpinan.

“Kami cenderung tidak terlalu ketat untuk memilih para relawan, sementara kami memiliki materi tambahan untuk mereka. Kami juga menyadari bahwa belum pernah memiliki tamu seperti para atlet difabel dan kami harus melakukan persiapan secara matang untuk itu,” tambah Ferry.

Asian Para Games 2018 akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) | Senayan | Jakarta Pusat mulai tanggal 6 Oktober hingga 13 Oktober 2018 atau sepekan lamanya, sedangkan pesta olahraga terbesar se-Asia khusus penyandang disabilitas ini melibatkan kurang lebih 43 negara peserta dari seluruh Asia untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Kemudian, Asian Para Games 2018 akan menghadirkan 18 pertandingan dan cabang olahraga yang dilibatkan, sedangkan Indonesia memiliki target untuk bisa merebut 19 keping medali emas supaya lolos hingga klasemen 10 besar, yakni di peringkat ke-7 pada tahap akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *