Penjaga Gawang Utama Spanyol Tetap David de Gea

Bola24 – Penjaga gawang David de Gea bermain kurang baik sejak ajang Piala Dunia 2018. Tetapi, Luis Enrique, pelatih baru timnas Spanyol, masih akan mempercayakan posisi inti kepada pemain Mancehster United tersebut.

Di Piala Dunia 2018 yang berlangsung beberapa bulan lalu, De Gea hanya mampu membuat satu penyelamatan dan kebobolan enam gol dari empat laga yang ia mainkan. Dalam prosesnya sendiri, Spanyol berhenti di babak 16 besar usai disingkirkan oleh Rusia (tuan rumah Piala Dunia 2018) melalui babak tendangan penalti.

Sementara pada level klub, De Gea baru berhasil meraih satu clean sheet dari empat pertandingan awal Setan Merah di Liga Inggris musim ini. Penjaga gawnag yang pernah membela Atletico Madrid tersebut sampai saat ini juga sudah kemasukan tujuh gol.

Kepa Arizzabalaga, penjaga gawang muda milik Chelsea, sempat mengataka keinginanya melengserkan De Gea dari posisi inti. Namun, sebuah harapan tersebut harus tertunda sebab De Gea akan tetap menjadi pilihan utama Enrique ketika tim nasional Spanyol melawan Inggris dan Kroasia di Uefa Nations League.

David de Gea
Luis Enrique masih akan mempercayakan posisi inti kepada De Gea.

“Saya tak mengetahui apa yang akan terjadi di masa mendatang, namun hal tersebut merupakan sebuah posisi di mana saya tak ragu. Tak pernah,” kata Enrique.

Enrique sendiri juga mengakui jika tantangan paling besar buat dirinya sebagai pelatih Spanyol ialah mengubah gaya main tim. Tiki-taka diusung oleh La Furia Roja di ajang Piala Dunia namun toh juga tetap gagal lebih awal.

“Faktanya kami menjadi sebuah acuan lebih dari satu dekade terakhir ini sehingga setiap tim mengetahui daya main kami.”

“Saya telah pernah membahas mengenai mengevolusi model tersebut di dalam presentasi saya dan hal itulah yang tengah kami kerjakan. Setelahnya, kita akan melihat apakah gaya baru kami ini efektif atau tidak, namun targetnya ialah berevolusi serta tak meudah diprediksi.” Tambahnya.

Kepa Siap Bersaing Dengan De Gea

Kepa merasa senang bisa masuk kembali di skuat Spanyol. Dirinya pun ingin tampil baik supaya dapat mendapatkan posisi penjaga gawang inti yang saat ini ditempati oleh De Gea.

Penampilan De Gea yang kurang bagus di timnas Spanyol dan Manchester United membuat peluang Kepa buat menjadi penjaga gawang inti sesungguhnya sangat terbuka. Dan penampilan dari Kepa sendiri di Chelsea sampai saat ini terlihat baik. Jadi pilih mana Enrique, De Gea Atau Kepa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *