Raih Sembilan Poin, Chelsea Dinilai Masih Belum Tampil Meyakinkan

Bola24 – Chelsea menjadi salah satu dari empat klub yang sampai saat ini masih meraih hasil baik di ajang Liga Inggris musim 2018/2019 ini. Namun Chelsea dinilai masih perlu banyak melakukan perbaikan.

Sedang membangun era baru bersama dengan Maurizio Sarri, The Blues mengawali Liga Inggris musim ini dengan catatan gemilang. Chelsea menjalai tiga pertandingan awal dengan raihan kemenangan.

Sedang membangun era baru bersama dengan Maurizio Sarri, The Blues mengawali Liga Inggris musim ini dengan catatan gemilang.

Setelah menghajar Huddersfield Town dengan skor 3-0 di pertandingan pertama, Chelsea lalu mengalahkan Arsenal dengan skor 3-2 di laga kedua dan di pertandingan ketiga mereka menang tipis 2-1 dari Newcastle.

Chelsea pun saat ini sukses menempati posisi ketiga dengan 9 poin. Jumlah poin mereka sama dengan milik Liverpool, Tottenham dan juga Watford.

Namun permainan Chelsea ketika menang 2-1 dari Newcastle pada akhir pekan kemarin menghadirkan perasaan khawatir. Chelsea dinilai masih kurang gereget ketika melakukan penyerangan, khususnya melawan klub yang begitu defensif.

Seperti diketahui, Blues sukses mencatatkan penguasaan bola mencapai 81 persen saat melawan Newcastle. Pemain baru Chelsea, Jorginho, bahkan berhasil membuat 158 umpan sukses, melebihi total operan semua pemain Newcastle.

Namun di waktu yang sama, Blues  juga hanya membuat tiga tendangan tepat sasaran. Sedangkan dua gol yang tercipta merupakan dari tendangan penalti dan juga gol bunuh diri pemain Newcastle.

“Dari tingginya penguasaan bola itu, Chelsea tidak banyak mengancam (lini pertahanan Newcastle). Mereka hanya mencatatkan tiga tendangan tepat sasaran, satu lebih banyak dari Newcastle, dan pada akhirnya membutuhkan gol bunuh diri buat memetik tiga poin,” tulis Ruud Gullit, yang juga merupakan mantan manajer Chelsea.

“Chelsea harus melakukan lebih lagi, khususnya mempertimbangkan start impresif Liverpool dan Manchester City, jika mereka mau terlibat di dalam persaingan teratas dalam jangka yang panjang.”

Menurut Ruud Gullit, salah satu sektor yang dapat dipoles ialah posisi bek sayap. Dirinya menilai jika Marcos Alonso dan Cesar Azpilicueta telah kurang cocok dengan gaya permainan modern, yang di mana para bek sayap bisa merangsek ke depan buat menciptakan sebuah peluang.

“Marcos Alonso lebih seperti seorang gelnadang. Dirinya elegan ketika memegang bola, pandai memanfaatkan ruang dan juga sudut, namun tak memiliki kecepatan buat membongkar pertahanan. Sedangkan Cesar Azpilicueta menghabiskan sebagian besar musim kemarin sebagai salah satu dari tiga bek tenggah Antonio Conte.”

“Tuntutan dari seorang bek sayap saat ini telah begitu berbeda, harus banyak berlari di dalam intensitas yang tinggi. Tampil melawan pertahanan yang dalam dan juga rapi, Anda harus mengirim umpan-umpan silang. Chelsea memiliki para penyundul yang baik di dalam diri Olivier Giroud dan Alvaro Morata, mengapa tak memanfaatkannya?” jelas Gullit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *