Real Madrid Jadi Klub Bernilai Tinggi Dalam Dunia Sepak Bola

Real Madrid berhasil unggul atas Manchester United sebagai merek atau brand paling berharga di dunia sepak bola. Kendati pada musim ini tampil buruk, namun mereka mempunyai nilai sebesar 1,646 miliar atau setara Rp 26,6 triliun.

Nilai merek mereka menjadi yang teratas dan mengalahkan Manchetser United yang berada pada posisi kedua. Manchester United saat ini diperkirakan sudah memiliki 1,472 miliar euro atau sekitar Rp 23,7 triliun.

Kemudian pada posisi ketiga ada Barcelona dengan 1,393 miliar euro, keempat ada Bayern Munchen dengan 1,314 miliar euro. Pada posisi kelima dan keenam diisi oleh dua raksasa Premier League, Manchester United dan Liverpool dengan 1,255 miliar dan 1,191 miliar euro.

Keenam klub tersebut diperkirakan mendapatkan untung sekitar 40% dari nilai 50 brand terbaik di dunia. Berdasar informasi dari Marca, nilai mereka Real Madrid naik sebesar 27% dibandingkan dengan musim lalu. Selain itu, mereka juga menjadi klub pertama yang bisa mendapatkan penghasilan sebesar 750 juta euro dari penjualan tiket.

Selain ada Real Madrid dan Barcelona, terdapat beberapa klub Spanyol lain yang masuk dalam 50 brand paling berharga. Diantaranya ada Atletico Madrid pada posisi ke 14, Sevilla pada posisi ke 35, Atheltic Bilbao pada posisi 45, Villareal pada posisi ke 47 dan Valencia pada 48.

Kemudian, salah satu yang membuat Real Madrid berhasil menjadi brand paling berharga yakni dikarenakan dari pendapatan sponsor. Saat ini mereka tengah menggandeng sponsor ternama seperti Emirates, Adidas, Audi, EA Sports, Hugo Boss dan Mahou.

Kemudian Barcelona berada pada posisi dua terkait dengan sponsor. Saat ini mereka meggandeng sponsor Rakuten, Nike, Allianz, Audi, Betfair, Estrella Damm, Gatorade dan Gillette. Kemudian dengan Manchester United berada pada posisi ketiga.

Namun dibandingkan dengan olahraga secara keseluruhan, tiga klub tersebut masih kalah dengan brand NBA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *