Rekap Terkini Babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia

Sudah tiga tahun berlalu sejak Piala Dunia 2014 lalu yang dituanrumahi oleh negara Brasil. Jerman kala itu menjuarai gelar terbaik dalam dunia sepak bola. Turnamen yang menyuguhkan aneka permainan menakjubkan, namun setahun lagi kita akan menyaksikan Piala Dunia yang baru di Rusia.

Dua tim nasional perwakilan negaranya masing-masing, Brasil dan Iran, sudah lebih dahulu lolos bersama tuan rumah Rusia. Dalam lima bulan ke depan, 29 tim tersisa akan memastikan posisi mereka dalam ajang olahraga terbesar di dunia tersebut. Jutaan orang akan menahan nafas mereka di bulan Desember pada saat penarikan undian posisi mereka di Piala Dunia, berdoa agar negara yang mereka dukung terhindari dari Kelompok Maut. Ratusan ribu orang akan memesan perjalanan mereka untuk mengikuti tim mereka ke Rusia. Miliaran di seluruh dunia akan bersatu selama satu bulan penuh keajaiban untuk menyaksikan siapa yang akan dinobatkan sebagai juara Piala Dunia terbaru.

Berikut rekap babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia sejauh ini:

ZONA EROPA (UEFA)

Bukan hal yang mengejutkan lagi jikalau di antara tim-tim hebat di benua ini, Inggris, Jerman dan Belgia lah yang memimpin di grup ini, dan menyusul Spanyol dan Italia mengimbangi di posisi puncak mereka. Kekalahan Prancis 2-1 atas Swedia berarti tim nasional Prancis mungkin akan berada di playoff kedua di grupnya, sementara Portugal ketinggalan tiga poin di belakang Swiss dalam kelompok mereka.
Sedangakan timnas Belanda berada di urutan ketiga, di belakang Swedia dan Prancis, dan dalam bahaya eliminasi. Wales, semifinalis Euro 2016, juga dalam posisi kritis. Irlandia Utara sendiri berkemungkinan tampil di Piala Dunia 2018 pertama kali sejak 1986.

ZONA AMERIKA SELATAN (CONMEBOL)

Brasil memenangkan delapan pertandingan berturut-turut setelah Tite mengambil alih posisi sebagai pelatih, yang mana merupakan hasil cukup bagus untuk tiket lolos ke Piala Dunia. Dengan empat putaran pertandingan tersisa, Kolombia berada di posisi kedua, Uruguay berada di urutan ketiga dan Chile berada di urutan keempat.

Tanda tanya terbesar adalah Argentina, yang telah melewati kepemimpinan tiga manajer sejak Piala Dunia lalu. Orang-orang Argentina berada di tempat kelima dan akan melawan Ekuador, Peru dan Paraguay untuk tempat terakhir. Tim manapun yang berada di posisi kelima akan memasuki playoff bersama tim Oceania.

ZONA AMERIKA (CONCACAF)

Meksiko memiliki keunggulan berupa posisi aman, diikuti oleh Kosta Rika dan Amerika Serikat, yang telah bangkit dari posisi terakhir menjadi yang ketiga sejak Bruce Arena kembali dipekerjakan sebagai pelatih pada bulan November. Hasil imbang 1-1 di Stadion Azteca Meksiko pekan lalu merupakan hasil yang sangat besar bagi tim A.S. Namun, laga tuan rumah yang sulit melawan Kosta Rika pada 1 September menanti tim asuhan Arena.

Tiga tim teratas zona ini bakal lolos ke Piala Dunia, dan tim keempat memasuki babak playoff melawan tim Konfederasi Asia. Pesaing lainnya yang tersisa adalah Panama dan Honduras.

ZONA AFRIKA (CAF)

Timnas Nigeria membutuhkan dua kemenangan lagi untuk mengamankan posisi. Kamerun berada di posisi kedua, namun Tunisia dan Kongo berjuang untuk yang ketiga. Afrika Selatan, Senegal dan Burkina Faso juga berada di dalam zona ini bersaing memperebutkan posisi yang tersisa.

ZONA ASIA (AFC)

Iran, yang dilatih oleh Carlos Queiroz, telah mengamankan satu dari empat posisi. Menyusul di belakangnya adalah negara Jepang dan Australia yang terlihat bagus, tak ketinggalan juga timnas Arab Saudi.

ZONA OCEANIA (OCF)

Tersisa negara Selandia Baru dan Kepulauan Solomon yang akan bertanding di leg pertama 28 Agustus dan leg kedua 5 September. Siapapun yang menang akan berhadapan dengan posisi kelima zona Amerika Selatan untuk lolos ke babak Piala Dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *