Roberto Mancini Ditunjuk Sebagai Manajer Timnas Italia

Mantan bos Manchester City dan Inter Milan Roberto Mancini telah diberi tugas untuk menghidupkan kembali timnas Italia enam bulan setelah kegagalan mereka untuk lolos ke Piala Dunia.

Sejak Gian Piero Ventura dipecat, Italia belum mendapatkan pengganti pelatih setelah empat kali gagal lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1958.

Federasi Italia telah mencari pelatih bergengsi untuk membangun kembali tim Azzurri yang hancur setelah kekalahan play-off mereka ke Swedia di San Siro November lalu. Nama-nama mantan pelatih Bayern Munich Carlo Ancelotti dan bos Chelsea Antonio Conte juga telah disebut-sebut, dengan Ancelotti dilaporkan telah mengatakan “tidak”.

Mancini telah menunjukkan minat awal untuk mengambil alih tim nasional dan siap memutuskan kontraknya yang menguntungkan dengan Zenit Saint Petersburg. Setelah kontrak tiga tahunnya secara resmi diakhiri dengan kesepakatan bersama pada hari Minggu, pria 53 tahun itu segera terbang ke Roma pada Senin pagi dan menandatangani kontrak barunya nanti di hari itu.

Artikel Sebelumnya: Pilihan Pengganti Kiper Tim Nasional Inggris di Piala Dunia 2018

Tugasnya adalah membangun kembali dan mengkualifikasi Italia untuk Kejuaraan Eropa 2020, dengan pertandingan pertamanya memimpin pertandingan persahabatan pada 28 Mei melawan Arab Saudi di Swiss. Komisioner FA Italia, Roberto Fabbricini mengatakan Mancini telah membuktikan “keinginan besar” untuk menjadi pelatih baru Italia.

Konferensi pers pertama pelatih baru akan diadakan Selasa pukul 12:00 (1000GMT) di pusat pelatihan tim nasional di Coverciano dekat Florence.

“Ini berjalan seperti yang kami inginkan, kami senang dan Roberto senang,” kata Fabbricini kepada wartawan setelah kontrak ditandatangani di Roma.

“Kami akan menjelaskan segalanya tentang kontrak besok (Selasa), dia sangat senang dan begitu juga kami.” Dia juga akan mempersiapkan Italia untuk pertandingan persahabatan melawan Prancis pada 1 Juni di Turin yang bisa menjadi pertandingan internasional terakhir untuk legenda gawang Gianluigi Buffon .

Skuad pertama Mancini akan ditunggu-tunggu dan diharapkan untuk melihat kembalinya Nice forward Mario Balotelli, yang ia latih di Inter Milan dan Manchester City. Balotelli belum bermain untuk Italia sejak Piala Dunia 2014.

Di Mancini, Italia memiliki pelatih dengan rekam jejak yang solid sebagai pemenang gelar. Dia memimpin Manchester City ke gelar liga Inggris pertama mereka dalam 44 tahun pada tahun 2012, dan memenangkan tiga gelar Serie A bersama Inter Milan. Dia juga memenangkan Piala Italia bersama Inter, Fiorentina dan Lazio.

Sejak meninggalkan Inggris pada tahun 2013, Mancini juga mengelola Galatasaray, yang ia pimpin ke gelar Piala Turki, dan Inter Milan sebelum bergabung dengan Zenit pada Juni 2017. Zenit menempati urutan kelima di Liga Utama Rusia, gagal lolos ke Liga Champions tetapi lolos ke Liga Europa. Mancini, mantan pemain Lazio dan Sampdoria, mengatakan melatih tim nasional akan “luar biasa” dan akan memenuhi impiannya untuk memenangkan Piala Dunia.

Dengan Italia selama karir internasionalnya 10 tahun, ia  dapat memenangkan 36 pertandingan dan mencetak empat gol. Ia mencapai semi-final Euro 1988, dan berada di skuad yang menempati posisi ketiga di Piala Dunia 1990 di kandang sendiri. Luigi di Biagio telah melangkah dari Under-21 untuk mengambil alih sementara dari tim nasional senior tetapi sekarang akan memberi jalan bagi Mancini.

One thought on “Roberto Mancini Ditunjuk Sebagai Manajer Timnas Italia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *