Selamat, Ayah Kompany Jadi Wali Kota di Belgia

Ternyata karir cemerlang bek Manchester City dan timnas Belgia, Vincent Kompany di dalam lapangan menular kepada sang ayah. Sang ayah yang diketahui bernama Pierre Kompany saat ini tengah sukses di dunia politik.

Berdasar informasi dari BBC, Pierre Kompany terpilih sebagai wali kota Ganshoren di Brussel, usai meraih suara tertinggi dalam pemilihan umum. Kemudian, keberhasilan sang ayah tersebut disambut oleh Vincent Kompany.

Melalui Instagram pribadi, Vintent Kompany dan sang kakak, Francois memberi ucapan selamat kepada sang ayah. Bahkan dipilihnya Pierre Kompany, menjadi sebuah catatan baru di Belgia. Hal ini dikarenakan Pierre Kompany menjadi wali kota berkulit hitam pertama di negara tersebut.

“Dia merupakan wali kota hitam pertama di Belgia, hal seperti itu belum pernah terjadi sebelumnya. Ini merupakan momen yang sangat bersejarah, selamat pada ayahku,” kata Vincet Kompany di akun Instagram pribadinya.

Berkaitan dengan hal tersebut, ini bukan kali pertama Vincet Kompany berbicara tentang perlunya sebuah kemajuan dalam dunia politik di Belgia. Beberapa hari sebelumnya, bek Manchester City tersebut juga pernah meng-tweet gambar parlemen Belgia. Kemudian dirinya juga berkomentar terkait dengan pluralisme dalam pemerintahan, menurutnya hal tersebut tidak berjalan dengan semestinya.

Seperti diketahui, Vincet Kompany dan keluarga merupakan imigran dari Kongo. Sang ayah, Pierre Kompany pertama kali datang ke Belgia pada tahun 1975. Setelah itu, Pierre Kompany terjun ke dunia politik pada 2006 dan terpilih sebagai anggota dewan. Kemudian pada tahun 2014, Pierre Kompany berhasil mengambil tempat di parlemen di Brussel.

Selain itu, dipilihnya Pierre Kompany sebagai wali kota juga mengikuti jejak para wali kota lain yang berstatus imigran. Seperti sebelumnya, ada Emir Kir putra imigran dari Turki yang terpilih sebagai wali kota Saint Josse pada tahun 2012. Kemudian ada Nadia Sminate yang ayahnya merupakan berasal dari Maroko, pada tahun 2016 berhasil terpilih menjadi pemimpin Londerzeel.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *