Teknologi yang Telah Digunakan Dalam Pertandingan Sepakbola Sekarang Ini

Kemajuan teknologi belakangan ini tidak hanya terjadi di bidang Gadget maupun bidang Medis atau Otomotif namun juga ke dalam bidang Olahraga. Sudah banyak olahraga yang dibantu dengan kehadiran Teknologi. Ada yang setuju namun ada juga yang merasa Teknologi merusak originalitas dan keseruan olahraga itu sendiri. Salah satunya adalah sepakbola yang belakangan inni sudah sangat membiarkan teknologi masuk ke dalamnya dan mengurangi kontroversi yang bisa terjadi di atas lapangan.

Yap kontroversi di atas lapangan memang kadang bisa memberikan drama yang sangat seru untuk ditonton. Selain itu juga sebagaimana kita tahu, drama bisa menjadi nilai jual bagi sepakbola itu sendiri. Namun dengan alasan keadilan dan perbaikan dalam dunia sepakbola maka dimasukkanlah banyak teknologi dalam sepakbola yang diantaranya adalah VAR dan GLT yang akan kita bahas ini.

GLT adalah Goal Line Technology yang merupakan sistem yang bisa mendeteksi apakah bola sudah melewati garis sawang atau tidak. Sistem GLT ini juga tentunya harus didukung teknologi lain yaitu kamera Hawk Eye. Teknologi ini sendiri sudah diigunakan pada Piala Dunia 2018 yang lalu. Dimana kita jadi tidak akan pernah melihat lagi gol dari Frank Lampard yang dianulir saat menghadapi Jerman di tahun 2010 tentunya sebagai balasan hal serupa dimana gol Inggris di final Piala dunia 1966 melawan Jerman disahkan padahal bola belum melewati garis gawang. GoalControl dipercaya sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam GLT di Piala dunia 2018 dimana perusahaan asal Jerman ini menggunakan 14 kamera berkecepatan tinggi yang artinya ada tujuh kamera yang diarahkan ke gawang masing-masing tim dalam setiap laga.

Selanjutya ada VAR atau Video Assistant Referee yang merupakan sistem meliputi 13 orang pembantu wasit sepanjang pertandingan yang baru diterapkan pula pada Piala dunia 2018 kemarin namun kini juga sudah digunakan di La lIga dan Serie A Italia. Jadi intinya akan ada 1 orang petugas utama dan 3 orang asisten yang membantu pengambilan keputusan oleh sang wasit yang memimpin pertandingan. Jadi jika ada kejadian yang tidak bisa dilihat dengan baik oleh wasit ataupun para asistennya di lapangan maka petugas yang berada di control room yang selalu bisa mengamati jalannya pertandingan dari sudut pandang yang lebih banyak akan mencoba membantu sang wasit untuk mengambi keputusan seperti gol, pinalti, hukuman kartu, pelanggaran serta memastikan agar keputusan yang dilakukan wasit telah benar dan mengurangi kesalahan manusia yang terjadi sepanjang laga.

Masih banyak tentunya teknologi lain yang sudah dipergunakan di pertandingan sepakbola dan nampaknya akan terus bertambah seiring berjalannya waktu dan akan kita bahas lagi di lain kesempatan, Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *