Timnas Inggris Masih Butuh Banyak Belajar

Bola24 –  Hasil kekalahan saat melawan Belgia di laga perebutan peringkat ke-3 Piala Dunia 2018 Rusia yang digelar di Stadion Saint Petersburg, hari Sabtu (14/7/2018), masih menunjukkan jika Timnas Inggris masih sangat butuh banyak belajar pada turnamen besar seperti ajang Piala Dunia.

Timnas Inggris Kembali Takluk Lawan Belgia

Tim nasional Inggris hanya bisa menduduki peringkat ke-4 di Piala Dunia 2018 usai mengalami kekalahan dari Belgia (0-2). Ini merupakan kedua kalinya Inggris harus kalah dari Belgia. Pada pertemuan pertama Inggris dikalahkan Belgia dengan skor akhir 0-1 saat di babak grup.

Ini merupakan pertama kalinya Inggris harus kalah sampai tiga kali pada putaran final ajang Piala Dunia. Yang menarik ialah, dua hasil kekalahan yang dialami oleh Inggris pada Piala Dunia 2018 kali ini terjadi saat menghadapi Belgia.

Finis pada posisi ke-4 pada Piala Dunia 2018 Rusia bukan sebuah bencana untuk tim nasional Inggris, melainkan hal ini merupakan sebuah pencapaian yang cukup baik. Tak ada yang memprediksi jika Inggris akan dapat melaju hingga babak semifinal Piala Dunia 2018, karena banyaknya para pemain yang minim sekali pengalaman di sepak bola level internasional.

Permainan Timnas Inggris sempat juga memunculkan sebuah euphoria yang begitu luar biasa. Para pendukung Inggris sangat yakin jika Inggris akan dapat merebut gelar juara Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak tahun 1966. Dengan sebuah jargon ‘Football’s Coming Home’.

Melihat permainan Inggris pada dua pertandingan terakhir, ketika kalah di babak semifinal (melawan Kroasia) dan juga kalah di laga perebutan peringkat ke-3 (melawan Belgia), sangat tepat jika tim asuhan Gareth Southgate hanya bisa menempati posisi ke-4 saja pada Piala Dunia 2018.

Tim nasional Inggris, khususnya Gareth Southgate, manajer Inggris, masih terlalu naïf buat mempertahankan taktik yang sama ketika kalah dari Belgia. Pelatih yang berusia 47 tahun tersebut tak mampu memiliki sikap yang dinamis, dnegan terus memakai formasi 3-5-2 yang diterapkan supaya dapat membuat Inggris menjadi juara di Piala Dunia.

Gareth Southgate terlihat seperti tak mempunyai rancana lainnya (rencana B,C, atau juga D). Mantan pemain Aston Villa tersebut tak mempunyai variasi taktik. Belgia pun terlihat juga tidak kesulitan untuk mampu mengalahkan Inggris untuk kedua kalinya pada ajang Piala Dunia 2018.

Sejak awal ada sebuah rasa ketakutan Southgate akan terlalu memaksa menggunakan formasi 3-5-2. Tak ada sebuah inovasi permainan yang ditunjukkan oelah Inggris selama bermain di Piala Dunia 2018 Rusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *