Timnas Korea Selatan Buat Asia Bangga di Piala Dunia 2018 Rusia

Timnas Korea Selatan harus tersingkir dari babak grup ajang Piala Dunia 2018 dan mereka juga dipastikan tidak mampu menyamai prestasi terbaiknya. Namun perjalanan Korea Selatan tetap membuat Asia bangga.

Hal tersebut tak lepas dari fakta jika pada pertandingan terakhir Kore Selatan sukses mengalahkan Jerman 2-0. Jerman sendiri merupakan juara bertahan Piala Dunia. Hasil tersebut bahkan mampu membuat Jerman tersingkir dari Piala Dunia 2018 dengan status tim juru kunci.

Timnas Korea Selatan Mimpi Buruk Jerman

Bagi Korea Selatan sendiri, hasil itu membuat langkah mereka harus terhenti pada babak grup Piala Dunia sama seperti pada tahun 2014 lalu di Brasil. Prestasi terbaik milik Korea Selatan ialah mampu finis ke—4 ketika mereka menjadi tuan rumah bersama dengan negara Jepang di tahun 2002 lalu.

Dan kiprah Korea Selatan di Piala Dunia 2018 Rusia ini pun tetap membuat bangga. Keberhasilan mereka menang atas Jerman membuat Korea Selatan menjadi tim Asia pertama yang berhasil mengalahkan juara bertahan Piala Dunia dalam pertandingan resmi. Ini membuktikan jika tim asal Asia tidak dapat dipandang remeh.

Apalagi sebelum hal ini tim asal Asia lainnya, Jepang, juga sukses membuat sebuah rekor dengan mengalahkan tim nasional Kolombia 2-1 dalam pertandingan perdana mereka di Grup H. Hal tersebut adalah kemenangan pertama tim asal Asia saat menghadapi tim Amerika Selatan di sejarah Piala Dunia.

“Kami menagalahkan juara bertahan. Biasanya hal tersebut hanya dapat menjadi impian dan kami bangga dengan tim,” kata salah satu pemain yang berhasil mencetak gol ke gawang Jerman, Son Heung-min.

“Tentu kami merasa kecewa karena tersingkir pada fase grup namun saya berpikir hasil ini tetap pantas membuat kami merasa bangga. Kami mengalahkan sang juara bertahan (Jerman) dan juga saat ini saya tidak sabar untuk menantikan bermain pada Piala Dunia berikutnya,” tambah Son Heung-min.

Korea Selatan pun masih tercatat sebagai tim asal Asia dengan jumlah kemenangan paling banyak di babak utama ajang Piala Dunia, usai mampu meraih tujuh kemenangan. Sebelum melawan timnas Jerman, Korea Selatan juga berhasil menangatas Polandia, Portugal, Italia, Spanyol (di Piala Dunia 2002), Togo (di Piala Dunia 2006), dan juga Yunani (di Piala Dunia 2010).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *