Tugas Utama Unai Emery Setelah Resmi Menjadi Manajer Arsenal

Banyak pihak yang masih tak percaya jika Unai Emery yang menduduki kursi manajer Arsenal, setelah sebelumnya menjadi milik Arsene Wenger selama 22 tahun. Bahkan spekulasi awalnya berkembang pada Mikel Arteta yang merupakan asisten Pep Guardiola di Manchester City.

Hal ini tentu bkan perkara mudah, pasalnya The Gunners sudah terbiasa dengan ritme dan aturan selama 2 dekade lebih dari satu manajer. Sudah jelas banyak pekerjaan rumah yang harus segera di tangani begitu mulai aktif di Anfield.

5 Tugas Utama Unai Emery Sebagai Manajer Baru Arsenal

1. Mempertahankan Ramsey dan Wilshere

Penting sekali menjaga dan melindungi pemain di lini depan, dalam hal ini Arsenal punya dua bintang yang sedang mengkhawatirkan. Pasalnya kontrak mereka akan segera habis, ada dua nama yang nampaknya akan segera hengkeng. Jack Wilshere dan Aaron Ramsey.

Wilshere memang sudah diberikan pesan oleh Wenger agar tetap bertahan, namun pemain lini depan ini nampaknya belum juga mendapatkan perpanjangan kontrak. Sudah jelas, jika tidak sabar tanpa dukungan bursa transfer pemain, ada banyak klub yang menariknya karena tidak perlu mengeluarkan nominal transfer.

Tantangan sudah jelas pada Ramsey, pasalnya ada penolakan untuk memperpanjang kontrak. Padahal Emery membutuhkan pemain lini depan yang kuat dan tidak mungkin mendapatkan secara cepat dari bursa transfer pemain musim panas mendatang. Nampaknya harus ada gambaran jelas masa depan The Gunners jika ingin Ramsey tetap bertahan.

2. Mengubah Skuad Utama

Sudah jelas, ada yang salah dengan Arsenal. Karena dalam beberapa musim gagal
mendapatkan trofi kemenangan, padahal sebelumnya Wenger bisa memberikan hampir
semua trofi bergengsi. Sudah pasti akan ada perombakan besar-besaran dan juga
datangnya pemain baru.

Baca juga: Legenda Arsenal Dukung Chelsea Juarai Piala FA

Ada daftar pemain yang akan didatangkan ke Anfield, seperti Sokratis Papastathopouplos yang merupakan bek Borussia Dortmund. Ini memang keinginan Sven Mislintat dan Raul Sanllehi, selaku staf khusus. Namun emery nampaknya sudah punya list pemain baru yang akan didatangkan musim mendatang.

3. Solusi Pertahanan Arsenal yang Kini Memburuk

Sudah bukan rahasia lagi, jika banyak klub Inggris mengalami kendala di bagian lini belakang. Hampir semuanya hanya fokus pada pemain penyerang dan mencetak gol, tanpa melihat bagaimana kondisi di posisi bek. Arsenal juga mengalami buruknya sistem pertahanan, inilah yang jadi perhatian utama Emery.

Dirinya bahkan mengaku sudah banyak menonton pertandingan Arsenal sebelumnya, memang ditemukan banyak kekurangan di lini belakang. Apakah solusinya menggunakan pemain yang tersedia atau mendatangkan pemain baru? Tentu saja bertujuan untuk meningkatkan performa permainan di lapangan nantinya.

4. Mengembangkan Kemampuan Individu Pemain

Sepakbola memang permainan tim, namun di lapangan pemain akan berhadapan head to head, sehingga membutuhkan skill bermain yang mumpuni. Itulah kenapa, Emery terpilih sebagai manajer baru Arsenal.

Dimana memiliki skill tersendiri untuk meningkatkan kemampuan bermain, sudah banyak buktinya, mulai dari Juan Mata, David Silva hingga David Villa. Ada beberapa pemain di Arsenal yang membutuhkan tangan dinginnya. Mulai dari Granit Xhaka, Alex Iwobi, Calum Chambers hingga Rob Holding.

5. Ramah Dengan Pemain muda Dari Akademi

Berita bagus untuk lulus akademi Arsenal, Emery terkenal ramah dan sering kali memberikan tawaran bermain untuk pemain muda dari akademi sendiri. Bukan hanya menawarkan bermain di markas utama, namun bisa memberikan tawaran sebagai pemain pinjaman ke klub besar dunia.

Memang ada banyak keunggulan dari Unai Emery mengapa Arsenal membutuhkan jasanya hingga mendapatkan kontrak hingga dua tahun ke depan, sudah pasti ini akan memberikan kontribusi positif. Sudah pasti target di musim mendatang prestasi lebih baik dan lebih banyak trofi kemenangan yang akan datang ke Anfield.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *