Untuk Jadi Pemain Terbaik Dunia, Messi Tidak Perlu Gelar Piala Dunia

Legenda sepakbola Brasil, Zico mengatakan bahwa Lionel Messi tidak perlu menjadi juara di Piala Dunia, yang hanya untuk membuktikan dirinya pemain terbaik. Menurutnya, apa yang telah dilakukan oleh Lionel Messi tersebut sudah memberikan bukti kualitas yang dimiliknya.

Seperti diketahui, sepanjang karir pemain berjuluk La Pulga ini telah meraih banyak gelar, baik itu di pretasi klub maupun individu. Seperti gelar yang didapat di liga domestik, Liga Champions, Golden Boot, dan Ballon d’Or. Semua gelar tersebut sudah pernah didapatkan olehnya, bahkan lebih dari sekali.

Namun, terdapat satu gelar yang dinilai kurang dalam karir seorang Lionel Messi. Dirinya belum pernah memberikan penghargaan yang besar terhadap negaranya, atau lebih tepatnya belum pernah meraih gelar Piala Dunia. Bahkan alasan ini juga menjadi alasan banyak orang untuk menyerangnya.

Bahkan, dirinya sudah kerap memberikan penampilan yang maksimal untuk negaranya, namun tetap gagal. Bahkan, Lionel Messi sudah beberapa kali membawa Timnas Argentina di final Piala Dunia dan Copa Amerika. Namun, pada partai puncak tersebut dirinya selalu mengalami kegagalan.

Kemudian, Zico mengatakan bahwa Messi tidak perlu meraih gelar Piala Dunia sebagi bentuk bukti dirinya adalah pemain terbaik dunia. Menurutnya, apa yang telah ia raih tersebut sudah memberi bukti bahwa ia membuktikan kualitasnya sebagai pesepakbola.

“Itu bukan hal yang membuatnya frustasi,” kata Zico yang dilansir dari FourFourTwo.

“Saat ini banyak orang yang hanya memikirkan tentang sebuah pencapaian. Menurut saya, karir atau pekerjaan anda tersebut merupakan hal yang paling penting. Sepakbola merupakan olahraga kolektif dan itu tidak tergantung dengan anda yang bermain bagus. Namun, hal tersebut bergantung dengan tim yang bermain baik,” imbuh Zico.

“Bahkan malah sering anda yang menentukan permainan, namun anda tidak bisa menentukan sebuah kompetisi.”

“Contohnya, (Johan) Cruyff tidak meraih gelar Piala Dunia, namun dia menjadi salah satu pemain terbaik dalam sejarah, dan dia (Messi) akan seperti itu. Bahkan banyak yang lainnya juga sama,” jelas Zico.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *