Usai Bawa Kroasia Jadi Runner Up Di Piala Dunia 2018, Mario Mandzukic Memutuskan Pensiun

Bola24 – Mario Mandzukic memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Kroasia setelah sukses membawa negaranya tersebut melaju hingga babak final ajang Piala Dunia 2018 dan menjadi runner up.

Mandzukic menyudahi masa baktinya membela tim nasional Kroasia pada hari Selasa (14/8/2018) waktu setempat usai selama sebelas tahun menjadi pemain andalan lini penyerangan timnas Kroasia.

Mario Mandzukic Jadi Legenda Kroasia

Mandzukic yang saat ini berusia 32 tahun tersebut menjalani debutnya di timnas Kroasia saat melawan Makedonia pada tanggal 17 November 2007 di babak kualifikasi Piala Eropa saat Kroasia masih dilatih oleh Slaven Bilic.

Mantan penyerang Atletico dan juga Munchen itu mengakui jika dirinya merasa kesulitan buat menulis kalimat perpisahan saat ia memutuskan untuk pensiun dari timnas Kroasia.

Mario Mandzukic
Mario Mandzukic memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Kroasia.

Mandzukic merasa dirinya lebih senang untuk berlari dan tampil selama 120 manit, membuat gol, sampai mendengarkan lagu kebangsaan Kroasia tepat sebelum laga dimulai.

“Karena saya merasa sadar betapa terhormat memakai seragam Kroasia dan juga mewakili Negara. Lebih sulit, sebab saya merasa sadar jika ini merupakan sebuah keputusan akhir, dan juga tak bisa direvisi kembali,” kata Mandzukic.

“Namun, saya sadar jika inilah waktunya buat mengatakannya: Saya pensiun dari Kroasia,” tambah Mandzukic.

Penyerang kelahiran Slavonski Brod tersebut berpendapat medali perak atau posisi runner up di ajang Piala Dunia 2018 telah memberikan sebuah energy yang baru buat dirinya. Namun, karena raihan tersebut Mandzukic menjadi lebih mudah buat memutuskan untuk gantung sepatu.

Sebab, posisi runner up di ajang Piala Dunia 2018 adalah sebuah prestasi terbaik timnas Kroasia usai pada sebelumnya mereka telah meraih posisi ketiga dalam Piala Dunia 1998.

Selama lebih dari sepuluh tahun berkarier bersama tim nasional Kroasia dirinya telah bermain sebanyak 89 kali dengan koleksi 33 gol dan juga 9 assist.

Selain bermain dalam ajang Piala Dunia 2018, ia juga telah tampil di Piala Eropa 2012 dan 2016, dan Piala Dunia 2014. Tak hanya menyudahi kariernya dengan prestasi sebagai runner up Piala Dunia saja, Mandzukic juga telah sukses membuat satu gol dalam laga final Piala Dunia 2018  beberapa waktu lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *