Wasit David McNamara Dapat Hukuman Dari FA

David McNamara yang merupakan salah satu wasit Inggris mendapatkan hukuman dari Federasi Sepak Bola Inggris (FA). Hal ini dikarenakan dirinya lupa untuk membawa koin ketika memimpin pertandingan Liga Super Wanita (WSL) Inggris yang dilaksanakan di Stadion Akademi Manchester City.

Seperti diketahui, memang wajib hukumnya seorang wasit membawa koin. Sebab, koin merupakan salah satu benda yang memiliki peran dalam menentukan tim yang akan melakukan kick off terlebih dahulu. Kewajiban tersebut sudah ada dalam aturan FA terkait dengan pelanggaran wasit, salah satunya dengan alat yang harus dipersiapkan wasit.

Namun nahas, pada pertandingan antara tim wanita Manchester City kontra Reading, David McNamara tidak membawa koin untuk kick off. David McNamara kemudian meminta kapten dari kedua tim untuk melakukan suit, dan siapa yang menang akan melakukan kick off terlebih dahulu.

Berdasar informasi dari Mirror, David McNamara mengaku bahwa dirinya lupa membawa koin dari ruang ganti. Inilah yang menjadi awal dari kesalahan David McNamara, dirinya tidak mengambil koin terlebih dahulu. Namun dirinya malah meminta agar kapten kedua tim melakukan suit.

Akibat pelanggaran tersebut, David McNamara dinilai telah melanggar aturan FA terkait dengan kelengkapan yang harus dibawa oleh wasit. Kemudian FA menjatuhi hukuman kepada David McNamara yang berupa larangan untuk menjadi wasit selama tiga pekan.

“FA telah mengkonfirmai bahwa wasit David McNamara telah dijatuhi hukuman selama tiga pekan, terhitung sejak 26 November, setelah kedapatan melakukan pelanggaran,” tulis pernyataan resmi FA.

“Hal ini sebagai tindak lanjut atas insiden pada pertandingan WSL antara Manchester City kontra Reading. Dia (David McNamara) gagal menentukan tim yang akan melakukan kick off terlebih dahulu dengan undian koin seperti aturan wajib wasit lainya,” imbuh peryataan tersebut.

Namun David McNamara memiliki hak untuk melalukan pengajuan banding terkait dengan putusan FA. Atas pelanggaranya tersebut, David McNamara akan diberi izin kembali menjadi wasit di Inggris pada 17 Desember.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *