Wasit Menilai Marcos Rojo Tidak Hand Ball

Bola24 – Terjadi sebuah kontroversi pada laga Nigeria vs Argentina. Nigeria merasa jika mereka sangat layak mendapatkan sebuah penalti karena menyebut Marcos Rojo melakukan hand ball. Wasit sendiri tidak sepakat, lalu bagaimana dengan peraturan FIFA?

Timnas Argentina memastikan lolos ke babak selanjutnya di babak 16 besar Piala Dunia 2018 Rusia berkat hasil kemenangan tipis 2-1 dari Nigeria. Lionel Messi membuat Argentina unggul terlebih dahulu, sebelum tendangan penalti Victor Moses membuat Nigeria menyamakan kedudukan.

Marcos Rojo Terlihat Handball di VAR

Dalam proses kemenangannya, dan juga tiket lolos ke babak selanjutnya, diperoleh Argentina melalui gol yang dicetak oleh Rojo pada menit ke-86. Namun sebelum gol tersebut Nigeria sempat mengklaimpenalti kedua karena mereka merasa jika Rojo melakukan hand ball pada area kotakpenalti Arggentina.

Atas sebuah protes yang dilakukan oleh pihak Nigeria itu, wasit Cuneyt Cakir selaku pemimpin pertandingan pun memutuskan untuk memeriksa VAR. Dirinya kemudian menilai jika tak ada sebuah pelanggaran hand ball yang dilakukan oleh Rojo.

Kejadian tersebut pada prosesnya menjadi sebuah kontroversi. Apalagi tim nasional Nigeria tetap menilai jika Rojo melakukan sebuah hand ball dan juga mestinya mereka mendapatkan hadiah penalti yang kedua, yang tentu saja akan dapat mengubah hasil akhir laga.

Lalu bagaimana jika merujuk dari peraturan FIFA? Untuk hal tersebut, kita harus melihat Laws of The Game FIFA Pasal 12 yang mengatur soal pelanggaran, khususnya poin mengenai hand ball.

Peratutan tersebut menyebutkan jika wasit dapat menyatakan ada sebuah pelanggaran hand ball saat seorang pemain (selain penjaga gawang) melakukan sentuhan menggunakan tangan maupun lengannya. Terdapat beberapa buah pertimbangan yang bisa digunakan.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka sangat mungkin jika pertimbangan dari wasit Cuneyt Cakir tak memberikanhadiah penalti ke timnas Nigeria ialah karena menganggap jika Rojo menyentuh bola tanpa sengaja, dengan gerakan tangan dia yang tak aktif atau bola yang menuju ke tangan, bukan tangan Rojo yang menuju ke arah bola.

Dari rekaman video pun, setidaknya memang terlihat jika kepala Rojo yang terlebih dahulu bergerak untuk menyundul bola, yang kemudian memantul ke lengannya. Maka jika merespons klaim penalti yang dilakukan oleh Nigeria, Cuneyt Cakir pun dengan tegas berkata tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *